All About Spareparts

Sparepart adalah suatu barang yang terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan mempunyai fungsi tertentu. Sparepart menjadi barang utama untuk menyokong suatu produk, salah satunya mesin kemasan. Lalu, apa saja jenis sparepart yang diperlukan untuk mesin kemasan ?

  1. Sparepart Mekanik : Kelompok ini adalah suatu barang yang berfungsi secara mekanikal. Contoh : seal, wiper motor, spur gear, dll.
  2. Sparepart Elektro : Kelompok ini adalah suatu barang yang berfungsi secara elektrik. Contoh : kabel foto sensor, heater, PCB, dll.
  3. Sparepart Penolong : Kelompok ini biasanya untuk membantu memperlancar jalannya sparepart mekanik dan elektro. Contoh : nepel selang, baut stopper, snap ring, dll.

Kualitas sparepart juga sangat diperlukan dalam merakit mesin kemasan. Untuk menjaganya tetap dalam kondisi baik, alangkah baiknya melakukan perawatan yang tepat pada sparepart mesin kemasan yang Anda gunakan untuk menghindari terjadinya karat, kerak . Berikut adalah cara merawat sparepart mesin kemasan Anda :

  1. Melakukan pembersihan rutin setiap selesai digunakan dengan cara membersihkan dengan kain yang telah diberi air. Jika letaknya susah dijangkau oleh tangan, bisa dibersihkan menggunakan kuas atau semprotan angin melalui kompresor.
  2. Melakukan pembersihan dengan menggunakan spons bersih yang diberi sedikit minyak. Setelah itu, bilas dengan menggosok menggunakan kain bersih.
  3. Selalu pantau kinerja sparepart setiap kali mesin bekerja, lakukan perawatan secara preventif untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Demikian adalah pembahasan mengenai sparepart mulai dari jenis hingga cara merawat sparepart. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.